Selamat Datang di Blog KKG MI Kota Salatiga (Profesional, Berkualitas dan Bertanggungjawab)

Pembinaan Kasi Pendidikan Madrasah dan Sosialisasi Draff Kurikulum 2013, Implementasi di Madraah

Minggu, 26 Mei 20130 komentar

Kasi Pendidikan Madrasah
Hj. Retno Widati, MH dan
 Pokjawas Drs. Wahid Hasyim, M.PdI 

Salatiga_Kamis, 23 Mei 2013 bertempat di MI Tingkir, kota Salatiga telah diadakan kegiatan KKG MI Salatiga yang beragenda (1) Pembinaan dari Kasi Pendidikan Madrasah, (2) Sosialisasi Draf Kurikulum 2013 dan Implementasinya di Madrasah. Kegiatan rutin yang dilaksanakan tersebut merupakan manifestasi peningkatan mutu guru MI khususnya di Salatiga.
Peserta kegiatan tersebut adalah dari Pengawas PAI Kankemenag Kota Salatiga, Kepala MI se-Kota Salatiga, dan guru-guru MI se-kota Salatiga yang berjumlah 150 orang. 


Drs. Kusno M.PdI sedang memberikan
 sambutan pelepasan Pusna tugas
sebagai pengawas PAI di kegiatan KKG M
I
Dalam kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang sangat mengesankan yaitu adanya kegiatan perpisahan. Drs. Kusno, M.PdI selaku pengawas PAI Kankemenag kota Salatiga mulai tangga 1 Juni 2013 beliau sudah purna tugas. Kegaitan tersebut sama sekali tidak diketahui oleh pengurus KKG MI Salatiga, sehingga merupakan kegiatan mendebarkan dan mengharukan. Dengan wajah yang begitu bergembira Bpk. Kusno menyampaikan sambutannya. Isi sambutan beliau: pertama minta maaf kepada semua guru-guru MI kota Salatiga, jika selama menjadi pengawas banyak kesalahan baik itu di sengaja maupun tidak, kedua beliau merasa bangga guru-guru yang dibimbingnya sudah berkembang, organisasi sudah mulai berjalan, dan kekompakan antar MI sudah terwujud. Oleh karana itu, beliau mengharapkan terus ditingkatkan. ketiga  kegiatan silaturrohim selalu di galakkan walaupun sudah tidak dinas lagi tetapi hubungan persaudaan harus tetap di jalankan.

Kasi Pendidikan  Madrasah
 sedang memberikan pembinaan
Selain kegiatan perpisahan tersebut juga dilaksanakan Pembinaan dari Kasi Pendidikan Madrasah Kankemenag Kota Salatiga sekaligus perkenalan kepada guru-guru MI kota Salatiga. Hj. Retno Worowidati, MH, beliau merupakan Kasi Pendidikan Madrasah baru di jajaran Kankemenag kota Salatiga, dengan adanya perkenalan tersebut diharapkan guru lebih familier  baik hubungan kedinasan maupun pribadi, Bu Retno nama panggilan beliau, selain menjadi Kasi juga menjabat sebagai sekretaris BAZ Kota Salatiga. Dalam pembinaan, beliau menyampaikan bahwa Bidang Mapenda di tahun 2013 ini berubah menjadi dua bidang yaitu Pendidikan Madrasah dan Pendidikan Agama  yang selama ini menjadi satu di bidang Mapenda. Dengan demikian Pendidikan Madrasah akan membawahi madrasah dari RA-MA dan Pondok pesantren, sedangkan Pendidikan Agama akan membawahi guru agama dari TK-SMU/setara, secara otomatis Kasi terdiri dari 2 yaitu Kasi Pendidikan Madrasah dan Kasi Pendidikan Agama. Sebuah kunci kesuksesan untuk berkembangnya MI adalah dengan kedisiplinan, baik kedisiplinan jam kerja, administrasi maupun berpakaian. MI sudah maju, MI sudah kompetifi, MI sudah menunjukkan jati dirinya. Oleh karena itu, pertahankan dan tingkatkan untuk kepentingan umat Islam, nusa dan bangsa.

Sosialisasi Draff Kurikulum 2013 dan Implementasinya di Madrasah merupakan kegiatan untuk menghadapi perubahan kurikulum baru. tentunya madrasah yang merupakan bagian dari pendidikan di Indonesia, juga harus memahami kurikulum tersebut. Terlebih bagaimana madrasah menyikapi hal tersebut yang berkaitan dengan mata pelajaran agama yang ada di madrasah. Drs. Wahid Hasyim menyampaikan bahwa kurikulum 2013 belum disahkan, oleh karena itu, kementerian agama akan mencari formula yang sesuai dengan kurikulum tersebut yang berkaitan dengan mata pelajaran agama di madrasah.











Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Template Blog 1 | Template Blog 2
Copyright © 2011. KKG MI KOTA SALATIGA JAWA TENGAH - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by KKG MI Kota Salatiga
Proudly powered by Blogger