Selamat Datang di Blog KKG MI Kota Salatiga (Profesional, Berkualitas dan Bertanggungjawab)

Evaluasi dan Penilaian Kurikulum 2013

Senin, 22 September 20140 komentar


 Evaluasi dan Penilain Kurikulum 2013

Sabtu, 20 September 2014 bertempat di MI Asas Islam Kalibening kota Salatig telah dilaksanakan pertemuan rutin KKG MI Kota Salatiga. Pada kesempatan ini mengambil tema tentang Penilaian Kurikulum 2013 karena hal tersebut dianggap sangat penting bagi anggota dan guru-guru MI kota Salatiga. Adapun sebagai pemateri tetap mengambil Drs. Mahfud, M.NLP dari Balai Diklat Keagamaan Semarang.
Kegiatan yang dihadiri sekitar 110 guru MI se-kota Salatiga ini selain disampaikan masalah penilaian juga diadakan dialog untuk mengevaluasi dan menyampikan kendala dalam pelaksanaan kurikulum 2013 di kelas I dan IV. Dalam evaluasi tersebut ternyata banyak kendala dan permasalahan sehingga membutuhkan penjelasan tentang implementasi kurikulum 2013 termasuk PAI dan Bahasa Arab yang sampai sekarang buku belum di distribusikan ke MI masing-masing.
Sebuah pertanyaan dari anggota yang menjadi perhatian adalah cara pembuatan soal UTS/Ulangan Tengah Semester yang akan dilaksanakan bulan Oktober 2014. Dalam pembuatan soal tersebut ternyata banyak variasi diantara soal dalam bentuk tema atau bentuk mata pelajaran. Jika dilihat dari kedua opsi tersebut ada kelebihan dan kekurangannya, yaitu jika per tema maka guru dimudahkan dalam membuat soal tetapi dalam penilaian harus memetakan per mapel, sehingga emembutuhkan kerja ganda terlebih raport dalam bentuk narasi. kedua soal dalam bentuk mapel yaitu guru harus memetakan KD yang akan diujiakan dalam bentuk mapel, tetapi dalam penilaian sudah ringan.
Namun demikian dari pemateri menyampaikan, untuk pembuatan soal diserahkan ke MI masing-masing yang terpenting tidak menyalahi aturan dalam penilaian kurikulm 2013.

Materi KKG MI 

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Template Blog 1 | Template Blog 2
Copyright © 2011. KKG MI KOTA SALATIGA JAWA TENGAH - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by KKG MI Kota Salatiga
Proudly powered by Blogger