KEGIATAN LESSON STUDY
Kamis,21/2/2013 kegiatan Lesson
study dilaksanakan di MI Mangunsari Sidomukti Salatiga. Lesson Study merupakan
salah satu wahana bagi guru dalam rangka mengembangkan paedagogik yang
berkaitan dengan profesi keguruaan. Tim LS yang terdiri dari MI Kota salatiga Kecamatan Sidomukti
dan sidorejo mencoba untuk bersama-sama mengasah kemampuan untuk meningkatkan dalam
memberikan pelayanan kususnya dalam hal strategi, metode, media, sarana pembelajaran dalam
proses kegiatan belajar mengajar. harapannya anak dapat belajar ketika guru
mengajar. sehingga Kegiatan Proses belajar mengajar dapat bermakna dan
sesuai dengan apa yang kita harapkan bagi peserta didik kita.
Beberapa tahapan dalam LS adalah:
1. Tahapan Plan
Pada tahapan ini
guru model dan para peserta lesson study merencanakan pembuatan RPP,yang di
dalamnya berisi diantaranya :
a. Media
yang akan digunakan
b. Metode
yang akan dipakai
c. Sarana
yang akan digunakan
Atau hal –hal yang
berkaitan dengan persiapan proses kegiatan belajar mengajar yang akan di tempuh
Pada tahapan ini
ada beberapa aktivitas yang di amati oleh Observer diantaranya:
1. Perhatian
siswa dalam proses belajar mengajar
2. Pertanyaan
siswa terhadap guru atau siswa lain
3. Jawaban
siswa terhadap guru atau siswa lain
4. Kerjasama
siswa dalam menyelesaikan persoalan
5. Presing
siswa terhadap pelajaran
6. Motovasi
siswa dalam pembelajaran
7. Kesulitan
materi yang dialami siswa
8. Kesesuaian
Planing guru model terhadap pelaksanaan
9. Ketepatan
penerapan metode
10.
Kesesuaian Ketercapaian keseluruhan
tujuan pembelajaran
Pada
tahapan ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:
Ø Pembukaan, dipandu oleh seorang moderator yang akan mengatur jalannya refleksi.
Ø Perkenalan
guru model, yaitu memperkenalkan guru model kepada observer dan tim LS yang lain.
Ø Pembacaan
aturan refleksi
Ø Penyampaian
kesan pesan guru model
Ø Tanggapan
dan saran dari observer
Ø Diskusi
Ø Saran
dan pendapat dari nara sumber atau pakar Lesson study
Ø Kesimpulan
dan penutup
Posting Komentar