Selamat Datang di Blog KKG MI Kota Salatiga (Profesional, Berkualitas dan Bertanggungjawab)

Sosialisasi dan Pembuatan Soal UKK dan UAM MI 2012/2013

Kamis, 28 Februari 20130 komentar

SOSIALISASI DAN PEMBUATAN SOAL UKK DAN UAM
MI KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Drs. Kahuri
memberikan materi
Kamis, 28/2/2013 bertempat di MI Al-Mahmud Kumpulrejo 01 Kota Salatiga telah diadakan kegiatan sosialisasi dan pembuatan soal UKK dan UAM MI Kota Salatiga tahun pelajaran 2012/2013. Kegiatan yang dimulai dari pukul 09.00 s.d 14.30 WIB tersebut merupakan agenda tahunan dalam rangka untuk membimbing guru dalam pembuatan soal. Walaupun secara praktis guru sudah mengetahui tentang teori tersebut, tetapi sebagai panitia penyelenggara tetap melaksanakan kegiatan tersebut dalam rangka untuk menyamakan persepsi, materi, dan teknis yang berkaitan dengan pembuatan soal.

Peserta Pembuat Soal UAM
Peserta Pembuat Soal UKK
Kegiatan sosialisasi tersebut diikuti guru pembuat soal UKK dan UAM MI se-kota Salatiga yang berjumlah 67 guru, pengawas PAI dan kepala madrasah. Adapun kegiatan tersebut dilaksanakan atas kerjasama panitia UKK dan UAM dengan KKG MI Kota Salatiga yang notabene sebagai tim pengembang peningkatan guru MI di kota Salatiga. Dalam sambutan ketua KKG disampaikan bahwa kegiatan tersebut untuk mereviuw tentang teori dan aplikasi dalam pembuatan soal, dikarenakan kesibukan para guru sehingga diperlukan kegiatan tersebut, selain itu sebagai tambahan wawasan bagi guru pemula dalam arti baru sekali membuat soal tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan guru.
Dalam kesempatan tersebut pemateri adalah Drs. Kahuri (Pengawas TK/SD Kec. Argomulyo, kota Salatiga), beliau merupakan pengawas TK/SD sekaligus mitra bagi KKG MI dalam mengembangkan kualitas guru MI. Dalam penyampaiannya beliau menegaskan secara makro tehnik pembuatan soal masih seperti tahun-tahun lalu yaitu yang harus diperhatikan dalam pembuatan soal adalah matrik/peta materi, kisi-kisi soal dan soal termasuk prosedur penilaian dan jawaban. Selain hal tersebut diatas juga disinggung rambu-rambu dalam pembuatan soal UKK dan UAM, UKK hanya mencakup satu semester II, sedangkan UAM sudah mengacu beberapa semester.


Penjelasan Tehnis oleh
Ketua Panitia UKK dan UAM
Ketua panitia UKK adalah bapak Muzaki, S.Ag dan ketua panitia UAM adalah Drs. H. Masyhudi, M.PdI. Dalam penjelasannya panitia dan pembuat soal harus memperhatikan jadwal yang telah dikirimkan bersama proposal ke MI masing-masing, jadwal tersebut harus dipatuhi, sehingga dalam penyelesaian pembuatan soal bisa bersama-sama, hal ini ditekankan supaya meminimalisir kesalahan-kesalahan. 
Materi sosialisasi pembuatan soal bisa di download disini
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Template Blog 1 | Template Blog 2
Copyright © 2011. KKG MI KOTA SALATIGA JAWA TENGAH - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by KKG MI Kota Salatiga
Proudly powered by Blogger