Selamat Datang di Blog KKG MI Kota Salatiga (Profesional, Berkualitas dan Bertanggungjawab)

Evaluasi LS KKG MI Salatiga

Jumat, 22 Maret 20132komentar

Evaluasi Lesson Study

lesson study MI SalatigaSalatiga_ Kamis, 21 Maret 2013 Kegiatan LS tahap ke 3 telah dilaksankan di MI Ma'arif Pulutan Kota Salatiga. Dalam kegiatan kali ini gabungan antara team LS 1 dan LS 2, dengan tujuan untuk mengevaluasi dan sharing antar team yang sudah 3 bulan berjalan.

Kali ini yang menjadi guru modelnya adalah ibu Wiwin Nuryani, S.PdI tempat praktikum kelas 1 yang terfokus pada media pembelajarannya yaitu penggunaan powerpoint dan card dalam pembelajaran dan ibu Ustadzah di kelas 2.








Sebagai nara sumber atau pakarnya adalah Drs. Mahfud, M.NLP dari Balai Diklat Keagamaan Semarang yang selalu membimbing dan menemani kegiatan LS di Salatiga. Dalam paparannya disampaikan bahwa LS:
  1. belajar bersama yaitu dengan mengetahui berbagai tehnik dan trik dari masing-masing guru model dapat diserap dan dijadikan pelajaran serta masukan untuk perbaikan pembelajaran.
  2. sebagai media perbaikan pembelajaran, LS harus terfokus pada salah satu aspek, sehingga lebih mendalami dan dapat mengetahui permasalahan serta mencari solusinya.
  3. kebenaran LS merupakan kebenaran relatif, tetapi walaupun kebenaran relatif bisa digunakan oleh guru yang lain.
  4. dalam kegiatan LS tidak ada kesimpulan, hal itu disebabkan LS bersifat makro sesuai target yang diharapkan
  5. prinsip dalam LS yaitu selalu mengembangkan active learning, untuk memperoleh hasil yang maksimal serta penggunaan strategi dan medianya. 
Dalam penutup disampaikan bahwa :
Belajar adalah sesuatu yang baik, jika sesuatu yang baik diterima dengan emosi negatif hasilnya tidak akan menarik, sebaliknya jika suatu yang buruk diterima dengan emosi positif hasilnya akan menarik.
Oleh karena itu, bagaimana supaya kita dapat mengubah konsep belajar dari paradigma negatif ke positif, membebani tidak membebani, menghantui tidak menghantui itulah PR kita bersama.evaluasi lesson study
Share this article :

+ komentar + 2 komentar

13 April 2013 pukul 20.01

Mantabbb banget...

14 April 2013 pukul 15.43

mohon masukan untuk perbaikan. tanks

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Template Blog 1 | Template Blog 2
Copyright © 2011. KKG MI KOTA SALATIGA JAWA TENGAH - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by KKG MI Kota Salatiga
Proudly powered by Blogger