Selamat Datang di Blog KKG MI Kota Salatiga (Profesional, Berkualitas dan Bertanggungjawab)

Ujian Nasional

Selasa, 23 April 20130 komentar

UJIAN NASIONAL, MENYENANGKAN KAH?

Pendidikan mempunyai kegiatan besar setiap tahunnya, baik pendidikan dibawah pemerintah maupun swasta. Pemerintah dalam hal ini Kemendikbud dan Kemenag merupakan lembaga yang mempunyai otoritas menyelenggarakan Ujian Nasional atau Ujian Madrasah Berstandar Nasional yang sering disingkat dengan UN/UAMBN.
Keseriusan dalam menghadapi UAS/UKK/Ujian

Siswa-siswi dari SD/MI s.d SMU/MAN pada bulan April s.d Mei 2013 telah dan akan menghadapi Ujian Nasional. UN merupakan langkah untuk mengetahui kualitas pendidikan pada jenjang tertentu sebagai ukuran keberhasilan pembelajaran, begitulah niat dan action yang dilaksanakan demi meningkatkan pendidikan.

Dengan tujuan  yang baik belum tentu baik pula bagi orang lain, hal itu dapat dilihat dari konsekuensi yang harus ditanggung oleh guru/pendidik dan siswa. Kurang lebih pembelajaran 3 s.d 6 tahun yang dilaksanakan baik di SD/MI maupun SMU/MAN hanya ditentukan dengan 6 s.d 10 jam. Dengan demikian peserta didik di tuntut untuk mendapat nilai yang terbaik.

Dengan tuntutan nilai/kelulusan itulah, madrasah atau sekolah berlomba-lomba melaksanakan bimbingan belajar kepada peserta didik baik di madrasah maupun di luar madrasah. Sekali lagi niat yang baik belum tentu diterima dengan baik.

Peserta didik sebagai objek pelaksanaan UN sangat tertekan, hal itu dibuktikan dengan dikuranginya waktu bermain dan berbagi hanya untuk mengejar nilai. Peserta didik menjadi terforsir baik dalam segi fisik maupun psikisnya. Hal itu, membutuhkan penanganan khusus untuk meminimalir adanya eksploitasi tersebut.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Template Blog 1 | Template Blog 2
Copyright © 2011. KKG MI KOTA SALATIGA JAWA TENGAH - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by KKG MI Kota Salatiga
Proudly powered by Blogger