Selamat Datang di Blog KKG MI Kota Salatiga (Profesional, Berkualitas dan Bertanggungjawab)

Sekilas Tenang Kisi-Kisi Ujian Kompetensi Awal Guru SD

Rabu, 29 Februari 20120 komentar



KISI-KISI SOAL UJI KOMPETENSI AWAL GURU SD





No.


Standar Kompetensi


Kompetensi Dasar


Indikator Esensial

Jenjang Kognitif
Nomor Butir Soal
C2
C3
C4
C5
C6
KISI-KISI SOAL UJI KOMPETENSI AWAL SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN BIDANG BAHASA INDONESIA
1
Menguasai substansi
dan metodologi dasar keilmuan bahasa Indonesia yang mendukung
1.1       Memilih, menata, dan
merepresentasi materi ajar bahasa Indonesia SD berdasarkan
pemahaman tentang
1.1.1    Menganalisis karakteristik perkembangan
bahasa anak usia SD



1
1.1.2    Memilih materi ajar  aspek membaca di
kelas rendah SD.




2
1.1.3    Memilih  materi ajar  aspek menulis di
kelas tinggi SD.




3
1.2       Merencanakan,
melaksanakan, mengorganisasi, dan
1.2.1    Memilih  berbagai  metode pembelajaran
menulis permulaan yang dapat mengembangkan kemampuan dan




4
1.2.2    Merancang  berbagai kegiatan menulis di
kelas tinggi yang dapat meningkatkan kemampuan menulis dan berpikir siswa.




5
1.2.3    Memperjelas perencanaan dan
pelaksanaan penilaian dan evaluasi dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.




6






No.


Standar Kompetensi


Kompetensi Dasar


Indikator Esensial

Jenjang Kognitif
Nomor Butir Soal
C2
C3
C4
C5
C6


1.3       Menampilkan
keterampilam berbahasa (mendengarkan, berbicara, membaca,
1.3.1    Merumuskan  hakikat  (pengertian, tujuan,
jenis, dan manfaat) membaca, dan menulis.



7, 8
1.3.2    Menemukan isi atau pesan pokok wacana
lisan monolog dan dialog dalam kehidupan sehari-hari, seperti berita,  pidato.



9, 10
1.3.3    Menemukan isi atau pesan pokok dalam
wacana naratif seperti cerita rakyat, puisi.



11, 12
1.3.4    Membandingkan berbagai jenis wacana
bahasa Indonesia (deskripsi dan narasi,).




13
1.3.5    Menyusun berbagai bentuk/jenis tulisan
surat.



14, 15
1.4       Mengkreasikan apresiasi
sastra Indonesia yang
1.4.1    Menganalisis unsur intrinksik dan
ekstrinsik, struktur, dan ciri-ciri karya sastra



16, 17
1.4.2    Menyusun langkah-langkah membuat
parafrase puisi ke prosa.




18
1.4.3    Menilai prosa




19






No.


Standar Kompetensi


Kompetensi Dasar


Indikator Esensial

Jenjang Kognitif
Nomor Butir Soal
C2
C3
C4
C5
C6



1.4.4    Mengapresiasi drama.




20






No.


Standar Kompetensi


Kompetensi Dasar


Indikator Esensial

Jenjang Kognitif
Nomor Butir Soal
C2
C3
C4
C5
C6
KISI-KISI SOAL UJI KOMPETENSI AWAL SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN BIDANG PKn
2
Memiliki kompetensi
pedagogik pembelajaran PKn
2.1       Penilaian proses belajar
PKn.
2.1.1    Merumuskan proses belajar PKn tentang
konsep kejujuran




21
2.1.2    Membuat tes proses pembelajaran tentang
sikap nasionalisme




22
2.2       Menilai berbagai norma
dalam kehidupan.
2.2.1    Membuat contoh sangsi  pelanggaran
norma yang berlaku di sekolah




23, 24
2.3       Merumuskan prinsip-
prinsip demokrasi dan
2.3.1    Menelaah  prinsip-prinsip demokrasi.




25, 26
2.3.2    Mengkategorikan Peraturan perundang-
undangan di tingkat pusat dan daerah.




27, 28,
29
2.4       Mempertahankan
Pancasila sebagai dasar negara.
2.4.1    Mengemukakan sejarah terbentuknya
Pancasila sebagai pandangan hidup dan sejarah Pancasila sebagai dasar negara.




30, 31
2.4.2    Menyimpulkan nilai-nilai Pancasila,sebagai
idiologi negara.




32, 33








No.


Standar Kompetensi


Kompetensi Dasar


Indikator Esensial

Jenjang Kognitif
Nomor Butir Soal
C2
C3
C4
C5
C6


2.5       Merumuskan nilai-nilai
nasionalisme.
2.5.1    Menganalisis  pentingnya keutuhan Negara
Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).




34
2.5.2    Menelaah bentuk-bentuk manifestasi
nasionalisme dalam kehidupan sehari-hari.




35
2.6       Membagankan sistem
pemerintahan kabupaten, kota, provinsi, dan pusat.
2.6.1    Menelaah setiap lembaga-lembaga
pemerintahan di tingkat desa, kabupaten/kota, provinsi, dan pusat.




36, 37
2.6.2    Menelaah sistem pemilu dan pilkada yang
ada di Indonesia.




38, 39
2.7       Merumuskan prinsip
dan praktik politik luar
2.7.1    Menelaah prinsip politik luar negeri dan
dalam negeri ASEAN.




40

 
negeri Indonesia






No.


Standar Kompetensi


Kompetensi Dasar


Indikator Esensial

Jenjang Kognitif
Nomor Butir Soal
C2
C3
C4
C5
C6
KISI-KISI SOAL UJI KOMPETENSI AWAL SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN BIDANG MATEMATIKA
3
Menguasai
kompetensi pedagogik pembelajaran matematika SD/MI
3.1       Menguasai prinsip, teori
dan strategi pembelajaran serta teknik asesmen yang tepat pada pembelajaran matematika
3.1.1    Merancang aktivitas pembelajaran
berdasarkan prinsip dan teori pembelajaran matematika


Ö


41
3.1.2    Merancang pembelajaran matematika yang
menggunakan gradasi mulai representasi kongkrit, simbolik, dan abstrak agar siswa dapat mengkonstruksi pengetahuan


Ö


42
3.1.3    Memilih media pembelajaran yang tepat
untuk pembelajaran operasi bilangan bulat


Ö


43
3.1.4    Memilih media pembelajaran yang tepat
untuk pembelajaran operasi bilangan pecahan


Ö


44
3.1.5    Mengombinasikan beragam strategi
pembelajaran matematika untuk mencapai



Ö

45
3.1.6    tMej milih mebdial pj embelajaran yang tepat
untuk pembelajaran geometri dan pengukuran


Ö


46
4
Menguasai konsep
dan metode keilmuan matematika yang
4.1       Menguasai konsep
bilangan, operasi, algoritma, dan sifat-sifat
4.1.1    Menganalisis dan menerapkan urutan
operasi pada bilangan bulat

Ö



47






No.


Standar Kompetensi


Kompetensi Dasar


Indikator Esensial

Jenjang Kognitif
Nomor Butir Soal
C2
C3
C4
C5
C6



4.1.2    Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan sifat distribusi bilangan bulat


Ö


48
4.2       Menguasai konsep
bilangan, operasi,
4.2.1    Menganalisis dan menerapkan sifat-sifat
urutan bilangan pecahan


Ö


49
4.2.2    Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan bilangan pecahan

Ö



50
4.2.3    Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan perbandingan/rasio

Ö



51
4.3       Menguasai konsep
relasi, fungsi dan penalaran dalam
4.2.1    Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan pola bilangan


Ö


52
4.2.2    Menyelesaikan masalah dengan
menggunakan persamaan yang memuat variabel.

Ö



53
4.4       Menguasi konsep dan
prinsip dalam geometri dan pengukuran
4.3.1    Menganalisis dan menerapkan sifat-sifat
segiempat


Ö


54
4.3.2    Menganalisis dan menerapkan sifat-sifat
kesejajaran garis-garis

Ö



55






No.


Standar Kompetensi


Kompetensi Dasar


Indikator Esensial

Jenjang Kognitif
Nomor Butir Soal
C2
C3
C4
C5
C6



4.3.3    Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan waktu, jarak, dan kecepatan

Ö



56






No.


Standar Kompetensi


Kompetensi Dasar


Indikator Esensial

Jenjang Kognitif
Nomor Butir Soal
C2
C3
C4
C5
C6


4.5       Menguasai konsep
probabilitas dan
4.4.1    Menyajikan data dalam bentuk diagram

Ö



59
4.4.2    Memecahkan masalah berkaiatan dengan
rara-rata

Ö



60
KISI-KISI SOAL UJI KOMPETENSI AWAL SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN BIDANG IPA
5
Menguasai
kompetensi pedagogik pembelajaran IPA SD/MI
5.1       Merancang
pembelajaran IPA sesuai dengan karakteristik peserta didik dan materi
5.1.2    Merumuskan tujuan pembelajaran (proses,
produk, dan sikap) sifat benda padat, cair dan gas sesuai dengan karakteristik peserta didik dan materi ajar




61
5.1.3    Merancang kegiatan pembelajaran IPA
melalui penyelidikan ilmiah agar siswa dapat mengkonstruksi pengetahuan IPA




62
5.1.4    Mengkombinasikan beragam pendekatan/
strategi/ metode/ teknik pembelajaran IPA untuk mencapai tujuan pembelajaran (produk, proses, dan sikap ilmiah




63






No.


Standar Kompetensi


Kompetensi Dasar


Indikator Esensial

Jenjang Kognitif
Nomor Butir Soal
C2
C3
C4
C5
C6



5.1.5    Menggabungkan beragam asessmen dalam
mengevaluasi tujuan pembelajaran IPA (produk, proses, dan sikap ilmiah)




64
6
Menguasai struktur,
konsep, dan metode keilmuan IPA SD / MI
6.2       Menafsirkan struktur,
fungsi dan sistem pengangkutan pada tumbuhan
6.2.1    Menganalisis proses-proses fotosintesis
pada tumbuhan




65
6.2.2    Menyimpulkan macam-macam
pengangkutan pada tumbuhan




66
6.2.3    Menggambarkan hubungan manusia,
lingkungan dan pemeliharaannya




67
6.3       Menafsirkan organ,
fungsi, dan sistem pada sistem tubuh hewan dan manusia
6.3.1    Menganalisis gangguan-gangguan
pencernaan makanan pada manusia




68
6.3.2    Menganalisis kelainan dan gangguan pada
sistem pernapasan manusia




69
6.3.3    Mengabstraksi ciri hewan invertebrata




70
6.4       Membandingkan
besaran dan dan satuan
6.4.1    Memilih alat ukur sesuai dengan besaran
yang diukur




71






No.


Standar Kompetensi


Kompetensi Dasar


Indikator Esensial

Jenjang Kognitif
Nomor Butir Soal
C2
C3
C4
C5
C6


6.5       Mengkategorikan materi
dan perubahannya
6.5.1    Mengkategorikan penyebab perubahan
sifat benda.




72
6.6       Memecahkan
permasalahan energi dan perubahannya
6.6.1    Menganalisis sifat-sifat cahaya




73
6.6.2    Menyelidiki konsep kelistrikan dan dan
kemagnetan




74
6.6.3    Menganalisis jenis-jenis gaya dalam
kehidupan sehari-hari




75
6.6.4    Memprediksi peristiwa pemuaian dalam
kehidupan sehari-hari




76
6.6.5    Menganalisis peran kalor dalam mengubah
suhu benda.




77
6.7       Menganalisis fenomena-
fenomena bumi dan alam semesta
6.7.1    Mengelompokkan planet-planet dalam tata
surya




78
6.7.2    Menganalisis proses terjadinya tata surya




79
6.7.3
Mengidentifikasi lapisan-lapisan bumi.




80






No.


Standar Kompetensi


Kompetensi Dasar


Indikator Esensial

Jenjang Kognitif
Nomor Butir Soal
C2
C3
C4
C5
C6
KISI-KISI SOAL UJI KOMPETENSI AWAL SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN BIDANG IPS
7
Menguasai
kompetensi profesional pembelajar IPS
7.1       Menguasai lingkup dan
struktur IPS
7.1.1    Membandingkan fakta, konsep,
generalisasi dalam pembelajaran IPS



81, 82
7.2
Menguasai sejarah
kenampakan bentang alam, gejala alam, dan pemanfaatan SDA untuk menciptakan kehidupan yang sejahtera dan harmonis dalam kehidupan
7.2.1    Menganalisis sejarah kenampakan alam,
serta hubungannya dengan keragaman sosial budaya



83, 84
7.2.2    Merumuskan pemanfaatan dan
pemeliharaan SDA untuk menciptakan kehidupan yang sejahtera dan harmonis



85, 86
7.2.3    Mengaitkan penyebab terjadinya gejala-
gejala alam, dan bentuk-bentuk bencana alam serta usaha-usaha untuk



87, 88
7.2.4    Memerinci ciri-ciri kehidupan yang
sejahtera dan harmonis




89






No.


Standar Kompetensi


Kompetensi Dasar


Indikator Esensial

Jenjang Kognitif
Nomor Butir Soal
C2
C3
C4
C5
C6


7.3       Menganalisis proses
globalisasi dan kerja sama ekonomi luar
Indonesia
7.3.1
Menganalisis peran bangsa Indonesia pada
era global




90, 91






No.


Standar Kompetensi


Kompetensi Dasar


Indikator Esensial

Jenjang Kognitif
Nomor Butir Soal
C2
C3
C4
C5
C6



7.3.2    Menentukan peran Indonesia dalam
kerjasama ekonomi internasional




92
7.4       Menganalisis berbagai
aktivitas ekonomi dan peran uang dalam perekonomian
7.4.1    Menganalisis berbagai aktivitas ekonomi
dalam masyarakat




93
7.4.2    Menentukan peran uang dalam
perekonomian




94
8
Memiliki kompetensi
pedagogik pembelajaran IPS
8.1       Mengembangkan
kurikulum mata
pelajaran IPS
8.1.1    Menyesuaikan materi pembelajaran yang
sesuai dengan tujuan pembelajaran IPS




95
8.2       Menyelenggarakan
pembelajaran IPS yang
mendidik
8.2.1    Merencanakan media pembelajaran sesuai
karakteristik peserta didik untuk mencapai
tujuan pembelajaran IPS



96, 97
8.3       Menyelenggarakan
penilaian proses dan hasil belajar IPS
8.3.1    Memilih prinsip-prinsip penilaian dan
evaluasi proses dan hasil belajar IPS




98
8.3.2    Memilih prosedur penilaian dan evaluasi
proses dan hasil belajar IPS



99,
100

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Template Blog 1 | Template Blog 2
Copyright © 2011. KKG MI KOTA SALATIGA JAWA TENGAH - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by KKG MI Kota Salatiga
Proudly powered by Blogger